KEPULAUAN BANGKA BELITUNG

1. GAMBARAN UMUM

Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (disingkat Babel) adalah sebuah provinsi di Indonesia yang terdiri dari dua pulau utama yaitu Pulau Bangka dan Pulau Belitung serta ratusan pulau-pulau kecil, total pulau yang telah bernama berjumlah 470 buah dan yang berpenghuni hanya 50 pulau. Bangka Belitung terletak di bagian timur Pulau Sumatra, dekat dengan Provinsi Sumatra Selatan. Bangka Belitung dikenal sebagai daerah penghasil timah, memiliki pantai yang indah dan kerukunan antar etnis. Ibu kota provinsi ini ialah Pangkalpinang.

(https://id.wikipedia.org/wiki/Kepulauan_Bangka_Belitung)

A. LETAK GEOGRAFIS

Pulau Bangka terletak di sebelah pesisir Timur Sumatra Selatan, berbatasan dengan Laut China Selatan di sebelah utara, Pulau Belitung di timur dan Laut Jawa di sebelah selatan yaitu 1°20’-3°7 Lintang Selatan dan 105° - 107° Bujur Timur memanjang dari Barat Laut ke Tenggara sepanjang ± 180 km. 


B. IKLIM

Menurut data Meteorologi Pangkalpinang pada tahun 1998, iklim di Kabupaten Bangka adalah iklim tropis tipe A dengan curah hujan 107,6 hingga 343,7 mm per bulan. Kemudian menurut Schmidt-Ferguson, pada tahun 1999 variasi curah hujan menjadi antara 70,10 hingga 384,50 mm per bulan. Dengan musim hujan rata-rata terjadi pada bulan Oktober sampai April. Musim penghujan dan kemarau di Kabupaten Bangka juga dipengaruhi oleh dua musim angin, yaitu muson barat dan muson tenggara. Angin muson barat yang basah pada bulan Nopember, Desember dan Januari banyak memengaruhi bagian utara Pulau Bangka. Sedangkan, angin muson tenggara yang datang dari laut Jawa memengaruhi cuaca di bagian selatan Pulau Bangka.


C. BAHASA

Bahasa yang paling dominan digunakan di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung adalah Bahasa Melayu yang juga disebut sebagai bahasa daerah, namun seiring dengan keanekaragaman suku bangsa, bahasa lain yang digunakan antara lain bahasa Mandarin dan bahasa Jawa.


C. KESENIAN TRADISIONAL

1) TARI MEN SAHANG
2)TARI SEPEN
3)TARI BERIPAT
4)TARI CAMPAK

D. RUMAH ADAT

Rumah adat rakit limas banyak dikenal sebagai rumah adat dari Bangka Belitung. Namun secara garis besar, rumah ada di Bangka Belitung terdiri atas tiga jenis yaitu Rumah Rakit, Rumah Limas, dan Rumah Panggung.


E. PEMIMPIN

Dr. H. Erzaldi Rosman, S.E., M.M. (lahir di PangkalpinangBangka Belitung31 Oktober 1969; umur 50 tahun) adalah Gubernur Bangka Belitung yang menjabat sejak 12 Mei 2017. Sebelumnya, ia adalah Bupati Bangka Tengah periode kedua yang menjabat sejak 17 Februari 2016.


2. MAKANAN KHAS

1) OTAK-OTAK ASE
Otak-otak Ase adalah sajian yang dibuat dari bahan dasar ikan dimana di Pangkal Pinang sajian ini disebut pula dengan nama pempek.da 3 jenis otak-otak yang ada di Pangkal Pinang. Pertama adalah otak-otak yang dibakar dan dibungkus dengan menggunakan daun pisang. Yang kedua adalah otak-otak yang direbus dan dibuat dengan bentuk yang panjang dan ukurannya lebih tebal.

2)KUE NANAS
Kue nanas dari Bangka khas sekali sebab bentuknya mirip dengan kue bolu. Bedanya didalam kue bolu ini terdapat selai nanas padat yang berasam manis yang diisikan dibagian dalamnya.Ukurannya yang relatif besar memungkinkan kudapan yang satu ini bisa disantap bersama-sama dengan keluarga. Bukan hanya itu, tekstur lembut dari sajian kue yang satu ini memang cocok dinikmati bersama dengan secangkir teh hangat.

3)PANTIAW
Pantiaw adalah makanan khas yang berbahan dasar tepung sagu dan tepung beras.Karena pembuatannya yang tradisional dan bahan-bahannya yang sehat, konon panganan yang satu ini memiliki kandungan karbohidrat yang tinggi. Jadi demikian, sajian yang satu ini pun dapat dijadikan sebagai bahan pengganti nasi.
4)TAHUKOK
Tahukok berupa semangkuk sup panas berisikan bakso ikan rebus yang dicampur bersama dengan bakso ikan goreng, fukian dan bakso ikan kukus. Sajian yang satu ini akan sangat cocok disantap pada saat cuaca dingin atau ketika panas. Ibaratkan di beberapa kota, Tahukok adalah bakso yang khas dari Bangka.
3. POTENSI WISATA
1) PULAU MEMPERAK
 Pulau Memperak terletak di Kabupaten Belitung Timur, menyuguhkan anda air laut yang biru kehijauan dan bersih. Keindahan alam bawah laut di pulau ini adalah satu hal yang tidak boleh anda lewatkan. Inilah sebab mengapa Pulau Memperak ini adalah salah satu tempat snorkling paling kece di Bangka Belitung yang amat sangat mempesona.
Hasil gambar untuk pulau memperak      Hasil gambar untuk pulau memperak
2) PANTAI TIKUS
Pantai Tikus adalah sebuah pantai di Pulau Bangka Belitung  yang masih tergolong alami, cukup terjaga dari gangguan tangan-tangan manusia. Panorama indah pantai ini terwujud melalui bukit terjal dengan hamparan bebatuan granit dan air laut yang kebiruan.
Di puncak bukit, anda akan menyaksikan adanya sebuah kuil peribadatan yang berdiri cukup megah dengan pemandangan yang indah. Kuil atau kelenteng ini berbentuk bulat, menjadi sebuah ciri khas yang ada di Pantai Tikus.
Alamat Pantai Tikus: Desa Rebo Kelurahan Kenanga, Sungailiat, Bangka Belitung
Hasil gambar untuk pantai tikus    Hasil gambar untuk pantai tikus
3)PANTAI PENYUSUK
Pantai Penyusuk terletak di Bangka bagian utara, memiliki panorama pantai yang indah. Anda akan menjumpai tumpukan batu granit yang seolah membentuk sebuah ceruk di pantai ini. Ditambah lagi dengan pepohanan hijau yang tumbuh di pesisir pantai serta keberadaan empat buah pulau yang berjajar indah.
Salah satu destinasi wisata Bangka Belitung yang juga populer di kalangan masyarakat Bangka ini memiliki ombak laut yang tenang. Oleh karenanya, berenang dan bermain air laut di pantai ini adalah kegiatan paling favorit yang dilakukan banyak orang.
Hasil gambar untuk pantai penyusuk bangka    Hasil gambar untuk pantai penyusuk bangka
4) Pantai Tanjung Kelayang
Pantai Tanjung Kelayang adalah salah satu destinasi wisata di Bangka Belitung yang populer di kalangan wisatawan domestik dan internasional. Secara berkala, ratusan perahu yacht dari berbagai negara akan singgah di pantai Belitung yang satu ini dalam event Sail Indonesia. Bebatuan granit yang menawan dengan salah satu formasi batu yang membentuk kepala burung, serta hamparan pasir putih yang bersih adalah pesona keindahan dari panorama pantai yang populer dikunjungi masyarakat Belitung sejak dulu.
Hasil gambar untuk pantai tanjung kelayang    Hasil gambar untuk pantai tanjung kelayang

4. BUDAYA
1)Nganggung.
Ini spot wisata & ragam budaya Bangka Belitung yang bisa dieksplorasi
Nganggung merupakan acara makan bersama yang erat kaitannya dengan simbol kebersamaan dan sangat kental dilakukan masyarakat Bangka Belitung. Nganggung adalah budaya membawa makanan lengkap di atas dulang yang akan ditutup dengan tudung saji.
2) CENG BENG
Ini spot wisata & ragam budaya Bangka Belitung yang bisa dieksplorasi
Ceng Beng atau Sembahyang Kubur ini menyimbolkan penghormatan terhadap leluhur. Dengan membawa sesaji diletakkan di pekuburan dan sembahyang dilengkapi dengan dupa dan juga perlengkapan lainnya.
3) SEMBAHYANG REBUT
Ini spot wisata & ragam budaya Bangka Belitung yang bisa dieksplorasi
Sembahyang Rebut yang dikenal dengan Chit Ngiat Pan. Sembahyang Rebut ini menjadi wisata religi yang bisa mendatangkan para wisatawan untuk datang ke Pulau.
4)PEH CUN
Ini spot wisata & ragam budaya Bangka Belitung yang bisa dieksplorasi
Antusiasme umat Konghucu untuk berupaya mendirikan telur dimulai sejak pukul 12.00 hingga pukul 13.00 WIB. Umat Konghucu, terlihat mencoba untuk membuat telur berdiri vertikal persis di bawah terik matahari.
5. SOMETHING TO DO
Anda dapat menginap di hotel dekat dengan pantai, sekaligus dapat berkunjung ke pantai yang ada di Bangka Belitung. Anda juga dapat mengunjungi festival budaya bila Anda datang pada saat perayaan upacara adat yang biasa digelar di Kepulauan Bangka Belitung.
6. SOMETHING TO SEE
Anda dapat melihat keindahan alam yang ada di Bangka seperti beberapa referensi Pantai yang sudah disebutkan di atas. Anda juga dapat berkunjung ke beberapa destinasi alam lain yang ada di Bangka Belitung, selain itu Anda juga dapat melihat tari-tari tradisional yang ditampilkan bila ada di upacara adat Bangka Belitung.
7. SOMETHING TO BUY
Anda bisa membeli beberapa oleh-oleh khas Bangka sebagai buah tangan bila Anda berkunjung ke Bangka. Beberapa contoh oleh-oleh yang wajib Anda bawa.

1) SAMBAL RUSIP

Sambal rusip atau rusep adalah hasil fermentasi ikan kecil dalam botol selama satu minggu dengan diberi bumbu garam dan gula merah. Setelah sepekan, aroma asam dari ikan akan keluar dan hal itu yang membuat sambal yang satu ini menjadi unik dari segi cita rasa dan pengolahannya. 

2)BELACAN BELITONG
Oleh oleh yang satu ini bisa disebut terasi nya orang Belitong., karena terasi ini dibuat dari udang rebon atau ikan segar hasil tangkapan nelayan setempat.

3) KEMPLANG
Kerupuk yang satu ini terbuat dari ikan dengan tekstur yang padat dan tidak mudah hancur. Selain itu tidak hanya terbuat dari ikan, namun tersedia pilihan kerupuk kemplang udang dan kepiting.

4) LEMPOK CEMPEDAK
Lempok cempedak adalah olahan manis berbahan dasar buah cempedak. Teksturnya yang kenyal membuat banyak orang menyebutnya mirip dodol seperti di Jawa kebanyakan. 

5) SIRUP JERUK KUNCI
Jeruk kunci memiliki ukuran sebesar bola pingpong dan hanya bisa kalian temuin di pulau Bangka Belitung saja.Meskipun memiliki rasa yang sedikit asam, namun sirup ini sangat segar untuk diminum ditengah hari yang panas. 

6) KERAJINAN DARI KERANG
Karena di Bangka banyak pantai, maka limbah cangkang kerang banyak ditemukan. Cangkang-cangkang tersebut kemudian diolah menjadi aksesoris cantik khas kepulauan Bangka Belitung.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

UPRAK Indonesia Alyya Intan

Menjaga Semangat Ibadah Pasca Ramadhan